Paseban Telco Journey Contest

Bali, Buleleng
Jelajah Bali: Pura Ulun Danu Bratan yang Menawan

Masih melanjutkan cerita jelajah Bali. Biar sewa mobilnya optimal, dan tidak rugi karena hanya satu objek wisata yang dikunjungi. Maka saya berkonsultasi dengan sang sopir (Pak Made), untuk target hunting foto berikutnya. Dan Pak Made pun menyarakan kami mengunjungi Pura Ulun Danu Bratan. Berdasarkan kesepakatan tersebut, setelah memuaskan diri dengan matahari terbit (sunrise) di Pantai Sanur, kami pun bergegas menuju Pura Ulun Danu.

Nah disini, ada pengalaman yang kurang mengenakan, saya lupa isi batere kamera, alhasil saya harus beristirahat kembali ke hotel untuk isi batere sekitar 45 menit sambil sarapan pagi. Dan setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke Pura Ulun Danu.

Menurut hasil penelusuran di internet pakai Flash temen yang merupakan produk TELKOMSEL, saya pun mencoba mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang Pura Ulun Danu. Oh iya, catatan bagi para wisatawan, khususnya fotografer. Kalau setiap ke lokasi atau lapangan, usahakan cari tahun informasi tentang lokasi tersebut. Hal ini akan memudahkan kita untuk menentukan objek, sehingga kita tidak muter-muter gak jelas. Nah, berdasarkan penelusuran dengan sinyal cepat TELKOMSEL, saya mendapatkan informasi sejarah Pura Ulun Danu.

Pura Ulun Danu Beratan, atau yang kerap disingkat penyebutannya menjadi Pura Ulun Danu, merupakan pura terbesar di Bali setelah Pura Besakih. Nama pura ini merujuk pada lokasinya yang berdiri di tepi Danau Beratan. Lokasi pura ini cukup istimewa karena berada di dataran tinggi Bedugul, yakni sekitar 1.239 meter di atas permukaan laut (dpl). Kondisi yang demikian membuat lingkungan pura cukup sejuk, dengan temperatur udara antara 18-22 derajat celcius. Bahkan dalam Lontar Babad Mengwi juga dikisahkan bahwa pendirian pura ini dilakukan kira-kira sebelum tahun 1556 Saka atau 1634 Masehi, atau sekitar satu tahun sebelum berdirinya Pura Taman Ayun, sebuah pura lain yang juga didirikan oleh I Gusti Agung Putu. Jadi, pura ini sangat tua umurnya.

Berkunjung ke Pura Ulun Danu akan merasakan suasana kesejukan udara yang sangat menenangkan. Berbeda dengan suasana pantai yang panas. Jujur, dari sekian objek wisata yang membuat hati saya terpaut untuk kembali lagi adalah disini, Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul. Sebagai sebuah obyek wisata sejarah dan religi, kawasan Pura Ulun Danu Beratan telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata yang sangat baik, seperti lahan parkir, toilet dan rumah makan.

Sebagai penutup, saya senantiasa menyarankan kepada fotografer, cobalah untuk mengorek informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi yang akan dikunjungi. Selain memudahkan pengambilan spot yang indah, juga agar kita bisa mengambil sudut lain yang tidak umum. Tentu saja, gunakanlah produk-produk TELKOMSEL yang terkenal dengan sinyal kuatnya. Dimanapun fotografer berada, sinyal TELKOMSEL menemaninya.

Salam Jepret, Salam Sinyal TELKOMSEL

akhmad solihin
akhmad solihin
Male, Bogor
37 0 8482
Location : Pura Ulun Danu Beratan, Singaraja, Buleleng
Publish Date : 12 Jul 2013